Profil Asdep Emisi
Penelitian & Publikasi
Program & Kegiatan
Foto-Foto Kegiatan
Berita Lingkungan
Selamat Datang Di Web Site Resmi Asdep Emisi KLH
» Program & Kegiatan
 
Better Air Quality (BAQ)

I. Latar Belakang

Pembangunan ekonomi di negara-negara Asia telah dikaitkan dengan meningkatnya laju urbanisasi, motorisasi, industrialisasi dan penggunaan energi. Secara bersama-sama, proses-proses ini telah mengakibatkan meningkatnya tekanan pada sistem lingkungan termasuk kualitas udara perkotaan. Pencemaran udara perkotaan adalah ancaman serius bagi kesehatan dan kesejahteraan masyarakat perkotaan. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memperkirakan bahwa pencemaran udara perkotaan menyebabkan 500 juta kematian dini per-tahun di Asia dan mempengaruhi kehidupan jutaan orang secara negatif. Studi ADB dan CAI-Asia akhir-akhir ini memperkirakan biaya ekonomi akibat pencemaran udara perkotaan berkisar antara 2 sampai dengan 4% dari GDP.

Mempertimbangkan hal tersebut maka KLH, UNDP, UNCRD serta Cai-Asia (Clean Air Initiatives ? Asia) mengadakan serangkaian kegiatan yang berkaitan dengan pengelolaan kualitas udara dalam rangkaian kegiatan workshop internasional Better Air Quality (BAQ) 2006 di Yogyakarta pada tanggal 13 ? 15 Desember 2006.

II. RANGKAIAN KEGIATAN

Rangkaian kegiatan BAQ terdiri dari :

1. Pre-event yang dilaksanakan mulai tanggal 11 - 12 dan 16 Desember 2006.
Kegiatan ini diadakan antara lain oleh Britcham Indonesia, KPBB, UNEP, SEI, WHO, ITDP, TVEAP.

2. The Second Forum of Environmental Sustainable Transport (EST)
Forum EST yang pertama diadakan pada bulan Agustus 2005 di Nagoya, Jepang. EST dihadiri oleh Negara-negara ASEAN, Mongolia, China, Korea serta Japan.
Hasil pertemuan ini adalah ?Aichi Statement? dimana setiap negara peserta sepakat untuk melaksanakan transportasi yang berwawasan lingkungan yang terdiri dari komponen bahan bakar bersih, pengendalian emisi gas buang, land use planning, transportasi missal serta peningkatan peran masyarakat

3. First Governmental Meeting on Urban Air Quality in Asia
Diselenggarakan secara bersama oleh Kementerian Lingkungan Hidup RI, CAI-Asia, UNCRD, dan UNEP pada tanggal 13-14 Desember 2006 di Yogyakarta, Indonesia. Pertemuan bertujuan untuk mendukung upaya-upaya pemerintahan-pemerintahan Asia untuk strategi menurunkan pencemaran udara yang lebih optimal. Pertemuan diikuti oleh 20 negara yaitu : Banglades, Bhutan, Brunei Darussalam, Cina, Kamboja, India, Indonesia, Jepang, Korea, Laos, Malaysia, Mongolia, Mianmar, Nepal, Pakistan, Filipina, Sri Lanka, Singapur, Thailand, dan Vietnam serta juga perwakilan-perwakilan dari sejumlah organisasi-organisasi internasional yang berperan sebagai pengamat pada pertemuan tersebut termasuk: ADB, World Bank, UN-ESCAP, SEI, WHO.

4. BAQ 2006
Diselenggarakan oleh KLH, Pemko Yogya, Pemprov. DIY serta CAI-Asia. BAQ dihadiri oleh sekitar 1000 peserta yang berasal dari 39 negara, terdiri dari pengambil kebijakan, kalangan legislatif, akademisi, profesional, NGO, serta pemerhati lingkungan.
BAQ 2006 merupakan workshop BAQ yang ke-4 setelah tahun 2002 di Hongkong, 2003 Manila, Filipina serta 2004 di Agra, India.

5. BPE (Best Practice Exhibites)
Pameran ini diikuti oleh 50 stand yang terdiri dari stand penyelenggara BAQ 2006 -KLH, Pemprov. DIY, Pemko Yogyakarta ? sponsor, country pavillion yang diisi oleh local network CAI-Asia, organisasi pendukung ? ADB, UNCRD, AECEN, HEI ? organisasi lain seperti universitas, ASEF, AISI, Yamaha, NILU, dll. Dalam pameran ini ditampilkan pula poster dari 136 peserta BAQ yang diklasifikasikan menjadi 5 yaitu : (1) general AQM, (2) reduksi emisi dari sumber bergerak, (3) Sumber tidak bergerak, sumber area dan in door air pollution, (4) Global isu serta (5) Kesehatan dan pencemaran udara.

III. HASIL KEGIATAN

The Second Forum of Environmental Sustainable Transport (EST)

Road maps untuk mengimplementasikan Aichi Statement dengan salah satu komponen adalah mekanisme penegakan hukum untuk penaatan standard (ambient, emisi, bahan baker, kebisingan).

Penerapan energi efisiensisebagai bagian dari program di tingkat local dan nasional.

Pada saat ini KLH mengajukan indikator sustainable transport yang dapat digunakan dalam penilaian Adipura.

Akan dilaksanakan EST Mayor Dialogue di Kyoto, Jepang pada bulan 23 ? 24 April 2007. Pertemuan ini bertujuan untuk mempromosikan pelaksanaan EST di tingkat kota secara komprehensif.

First Governmental Meeting on Urban Air Quality in Asia

Hasil dari kegiatan ini adalah "Yogyakarta Summary". Pertemuan menggarisbawahi pentingnya pendekatan-pendekatan peningkatan kualitas udara perkotaan di kota-kota Asia yang efektif dan berkelanjutan melalui:

  1. Upaya-upaya AQM di tingkat-tingkat perkotaan, nasional, regional, dan global yang harus ditingkatkan koordinasi dan keterkaitannya.
  2. Kebijakan-kebijakan dan program-program efektif diberlakukan semestinya, dan yang ditujukan pada penyebab-penyebab mendasar pencemaran udara perkotaan di Asia.
  3. Strategi manfaat menggabungkan dan memadukan pengelolaan kualitas udara perkotaan dengan upaya-upaya mitigasi perubahan iklim dan adaptasi.

Pertemuan menggarisbawahi kebutuhan untuk penguatan kesadaran tentang dampak-dampak pencemaran dan strategi-strategi potensial untuk mencegah dan mengendalikan pencemaran udara perkotaan.

  • Pembangunan visi jangka panjang pengelolaan kualitas udara perkotaan di Asia.
  • Kajian standar-standar kualitas udara ambien dan Indeks-indeks Pencemaran Udara.
  • Membangun road map kualitas bahan bakar dan standar emisi untuk kendaraan baru.
  • Menangani kualitas bahan bakar untuk sumber-sumber tidak bergerak.
  • Penguatan, pembangunan, dan pelaksanaan strategi-strategi untuk mengendalikan emisi dari kendaraan di jalan (in-used vehicle)
  • Penguatan sistem dan kebijakan transportasi ramah lingkungan dan berkelanjutan
  • Mempromosikan penggunaan energi alternatif yang bersih dan terbarukan.
  • Promosi Eco-housing.
  • Mendukung prinsip-prinsip yang digarisbawahi dalam Pernyataan Aichi (Aichi Statement)
BAQ 2006
  • BAQ 2006 merupakan ajang dialog bagi pengambil kebijakan dan akademisi.
  • Peningkatan kapasitas SDM khususnya bagi institusi pengelolan lingkungan di daerah yang baru pertama kali menngikuti BAQ.
  • Tukar menukar informasi dan pengalaman dalam pengelolaan kualitas udara di perkotaan.
  • Pada Country Session, Indonesia telah menyampaikan rencana untuk menyusun Clean Air Act sebagai bagian dari upaya peningkatan kualitas udara.
  • Terpilihnya 4 Air Quality Management Champion di Asia diantaranya Sutiyoso, Gubernur Prop. DKI Jakarta, karena perannya dalam mengembangkan Trans Jakarta Bus way, yang terbesar di Asia.


Gambar Kegiatan BAQ 2006

   

   

   


Download Yogya Statement
 
Last Update : 18-01-2007 17:09:04

Publikasi Program Link Kunjungan

Profil Asdep Emisi | Penelitian & Publikasi | Program & Kegiatan | Foto-foto Kegiatan | Berita Kegiatan | Contact

Copy Right © 2007 Asdep 5/II KLH, All Right Reserved
web emisi Version : 1.5