Profil Asdep Emisi
Penelitian & Publikasi
Program & Kegiatan
Foto-Foto Kegiatan
Berita Lingkungan
Selamat Datang Di Web Site Resmi Asdep Emisi KLH
» Program & Kegiatan
 
Langit Biru

LATAR BELAKANG

Pencemaran udara menjadi masalah yang serius terlebih tahun-tahun terakhir ini terutama di kota-kota besar. Upaya pengendalian pencemaran termasuk pencemaran udara pada dasarnya adalah menjadi kewajiban bagi setiap orang. UU No. 23 Tahun 1997 tentang Pengelolaan Lingkungan Hidup mengamanatkan bahwa setiap orang berkewajiban memelihara kelestarian fungsi lingkungan hidup serta mencegah dan menanggulangi pencemaran dan perusakan lingkungan hidup.

Pemerintah dalam upaya meningkatkan kualitas udara sejak tahun 1992 telah melaksanakan Program Langit Biru sebagai upaya untuk mengendalikan pencemaran udara baik yang berasal dari sumber bergerak maupun tidak bergerak, yang selanjutnya dikukuhkan dengan Kepmen LH No. 15/1996 tentang Langit Biru. Berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia No. 2/2002 maka Program Langit Biru menjadi bagian kegiatan dari program Kementerian Lingkungan Hidup dalam mengembangkan sistem penaatan terhadap sumber pencemaran emisi sumber bergerak.

Namun demikian Kementerian Lingkungan Hidup menganggap perlu melakukan upaya peningkatan partisipasi masyarakat terhadap pencemaran udara yang semakin buruk kondisinya. Selama ini Program Langit Biru belum memiliki logo yang memudahkan masyarakat untuk mengenal dan memahami Program Langit Biru. Salah satu upaya tersebut adalah melalui lomba logo Langit Biru dengan tema ?Udara Bersih - Indonesia ?, logo Langit Biru dimaksudkan untuk mendekatkan Program Langit Biru, sehingga dengan melihat logo tersebut masyarakat sudah mengenal dan mengetahui arti Program Langit Biru. Logo Langit Biru akan digunakan dalam bahan-bahan publikasi, seperti buku-buku, brosur, pin, spanduk dan t?shirt.

Misi Langit Biru adalah :
  1. Mengembangkan kebijakan nasional dalam pengendalian pencemaran udara
  2. Meningkatkan kapasitas daerah dalam pengendalian pencemaran udara melalui penguatan isntitusi di daerah dan pemanfaatan teknologi
  3. Meningkatkan mekanisme pengawasan dan pengendalian, pencegahan dan pemulihan kualitas udara
  4. Meningkatkan partisipasi peran masyarakat dalam mewujudkan udara bersih.

Buku ini menuangkan kilas kegiatan lomba Logo Langit Biru dan penjelasan makna dari Logo Langit Biru tersebut.

PELAKSANAAN LOMBA LOGO LANGIT BIRU : UDARA BERSIH - INDONESIA

Lomba Logo Langit Biru di laksanakan pada periode Mei ? Juli 2006, dan terbuka untuk umum, guna memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk ikut berpartisipasi. Lomba logo Langit Biru diumumkan melalui website :www.menlh.go.id pada tgl 6 September 2006. Logo Langit Biru yang terbaik akan diresmikan penggunaanya secara nasional oleh Menteri Negara Lingkungan Hidup dan akan diluncurkan pada acara Expose Pemantauan Kualitas Bahan Bakar Bensin dan Solar di 20 kota pada tanggal 6 September2006 di Hotel Dharmawangsa.

Dewan Juri

Dewan juri lomba Logo Langit Biru berasal dari berbagai kalangan yang mewakili pihak-pihak terkait yaitu :

1. Ketua : Ridwan D. Tamin (Kementerian Lingkungan Hidup)
2. Anggota : Bambang Trisulo (Gaikindo)
3. Anggota : Kemas Ridwan Kurniawan (Universitas Indonesia)
4. Anggota : Titi Kamal (Artis)
5. Anggota : Parni Hadi (RRI)
6. Anggota : Johan Silas (Institut Teknologi Surabaya)
7. Anggota : Subronto Laras (Pengusaha Otomotif)
8. Anggota : Priyanto Sunarto (Institut Teknologi Bandung)
9. Anggota : Restiti (LSM)

Peserta Lomba Logo Langit Biru

Jumlah karya atau desain logo yang ikut dalam lomba Logo Langit Biru adalah 288 karya. Hal ini memberikan indikasi adanya respon yang positif dari masyarakat terhadap Program Langit Biru.

Kriteria Penilaian Karya Logo Langit Biru

Kriteria yang digunakan dalam penilaian karya Logo Langit Biru adalah sebagai berikut :

  1. Makna gambar: menghubungkan bentuk gambar dikaitkan dengan tema udara bersih maupun upaya pengendaliannya
  2. Aspek visualisasi meliputi keunikan, keindahan, kreativitas dan originalitas
  3. Applicability yaitu penggunaannya pada berbagai barang (kaos, pin, tas, dll) maupun di berbagai media.

Tahapan Penjurian

Tahap awal dalam rangkaian penilaian karya Logo Langit Biru adalah penseleksian secara administratif, selanjutnya desain logo yang telah memenuhi syarat administratif diserahkan kepada Dewan Juri untuk dinilai.

Penilaian terhadap desain logo yang telah lolos seleksi awal dilakukan pada tanggal 25 Agustus 2006 untuk mendapatkan 70 karya logo. Dari 20 karya logo yang lulus seleksi tahap I, dipilih lagi sejumlah 35 logo. Dari 35 logo yang lulus seleksi tahap II dipilih lagi sejumlah 10 logo untuk seleksi tahap III. Seleksi tahap IV dilakukan untuk mendapatkan 5 logo terbaik, 5 logo terbaik terdiri dari satu logo sebagai pemenang terbaik dan 4 logo sebagai pemenang hiburan. Logo sebagai pemenang terbaik akan digunakan sebagai logo "Langit Biru" dan akan diresmikan oleh MENLH untuk dipakai secara nasional.

Pemenang Logo Langit Biru

Konsep Visual : Konsep logo ?Langit Biru? mengambil ide dari ikon kupu-kupu. Dimana ikon tersebut merupakan perwakilan dari alam yang bersih/sejuk. Visual kupu-kupu dibikin dua warna mempunyai tujuan untuk memperkuat kesan bersih, sejuk dan segar, selain itu diperkuat juga dengan bentuk hati.

Konsep Grafis : Simple, Down to earth, Moderm, Warm, Friendly, fresh. Penggunaan warna biru dan putih melambangkan unsure-unsur natural atau alam yang sejuk dan segar

 
Last Update : 19-01-2007 09:54:58

Publikasi Program Link Kunjungan

Profil Asdep Emisi | Penelitian & Publikasi | Program & Kegiatan | Foto-foto Kegiatan | Berita Kegiatan | Contact

Copy Right © 2007 Asdep 5/II KLH, All Right Reserved
web emisi Version : 1.5